Apakah Kamu seorang yang sudah bekerja dan memiliki rekan di kantor Kamu yang baru? Apakah rekan-rekan Kamu menyukai kehadiran Kamu dalam suasana kerja di kantor tersebut? Bagaimana cara beradaptasi di tempat kerja agar Kamu disukai oleh rekan kerja Kamu? Berikut cara-cara adaptasi yang dapat Kamu lakukan di tempat kerja agar rekan-rekan kerja Kamu menyukai performa Kamu.

Beradaptasi dengan Cara yang Tepat

Berbicara bekerja dan menjadi seorang karyawan baru di sebuah perusahaan, Kamu mungkin akan sangat bersemangat ketika akan memulainya. Perusahaan baru selalu identik dengan karir yang baru dan bahkan pendapatan yang juga baru.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga akan menemukan lingkungan kerja yang baru, lengkap dengan tanggung jawab dan rekan-rekan kerja yang baru. Semua itu akan membuat hari Kamu menjadi berbeda dari sebelumnya. Terutama jika Kamu akan menemukan lingkungan baru yang jauh dari perkiraanmu.

Memasuki sebuah lingkungan kerja yang baru akan menjadi tantangan tersendiri bagi Kamu. Hal ini sangat wajar terjadi, meskipun sebelumnya Kamu telah pernah bekerja di sebuah perusahaan lainnya. Bukan hanya dengan pekerjaanya, namun dengan orang-orang yang akan Kamu temui disana juga. Lalu, apakah Kamu juga sudah siap untuk beradaptasi dengan semua ini?

Bekerja di hari pertama di perusahaan yang baru, berbagai perasaan mungkin akan bercampur aduk didalam hati Kamu. Barangkali cemas, sedikit rasa takut atau bahkan Kamu akan merasakan perasaan gugup ketika memasuki ruangan kerja dan bertemu dengan rekan-rekan yang baru disana.

Apapun yang Kamu rasakan ketika bekerja di hari pertama, pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hindari untuk melakukan kesalahan yang tidak perlu, terutama terkait dengan pekerjaan Kamu. Beradaptasi mungkin saja bukan pekerjaan yang mudah bagi semua orang, namun pahamilah dengan baik bahwa Kamu harus melakukan hal ini dengan sebaik mungkin di tempat kerja yang baru.

Keberhasilan Kamu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, akan sangat membantu Kamu untuk bisa mengatasi berbagai kendala di dalam pekerjaan Kamu kedepannya. Upayakan untuk selalu beradaptasi dengan cara yang tepat, sehingga proses ini menjadi lebih mudah bagimu.

Simak beberapa tips beradaptasi berikut ini, yang dapat Kamu terapkan ketika bekerja di sebuah perusahaan yang baru :

  1. Selalu Fokus Selama Menjalani Masa Perkenalan (Orientasi)

Minggu pertama bekerja di perusahaan yang baru, Kamu tentu akan memiliki agenda perkenalan. Bukan hanya hanya pada rekan kerja atau orang-orang yang Kamu temui di tempat tersebut, namun Kamu juga akan berkenalan dengan tugas-tugas Kamu dan termasuk dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan.

Manfaatkan waktu baik ini untuk bisa mengenal lingkungan kerja Kamu dengan baik, termasuk untuk mengenal perusahaan tersebut secara lebih mendalam. Pastikan Kamu selalu siap untuk menjalani hari-hari pertama Kamu ini dengan konsentrasi dan kemampuan maksimal. Sehingga Kamu bisa fokus untuk menjalani masa perkenalan tersebut dengan sebaik mungkin.

  1. Bersikap Tenang Saat Mempelajari dan Memahami Lingkungan Kerja

Ingin lebih nyaman dan mudah dalam menjalan berbagai tugas Kamu di tempat yang baru? Kamu tentu wajib untuk mempelajari dan memahami situasi serta lingkungan kerja Kamu yang baru terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting, namun tidak perlu Kamu lakukan dalam porsi yang berlebihan. Mulailah proses ini dengan cara yang wajar, dimana Kamu menempatkan diri dalam porsi yang cukup dan tidak begitu berlebihan.

  1. Berkomunikasi dengan Volume yang Wajar

Saat Kamu mendatangi sebuah lingkungan kerja yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru di sana, maka Kamu wajib berupaya untuk berkomunikasi dengan sebaik mungkin. Lakukan hal ini dengan baik, agar Kamu dan orang-orang yang Kamu temui di sana merasa lebih nyaman.

Gunakan volume suara yang wajar dan sesuai dengan volume suara yang dipakai di lingkungan kerja Kamu, sehingga Kamu tidak menjadi merasa seperti seseorang yang asing dan berbeda dengan orang lainnya di sana. Ini akan membuat Kamu merasa jauh lebih nyaman, begitu juga dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja Kamu.

  1. Manfaatkan Waktu yang Tepat untuk Berkenalan dan Menjalin Pertemanan

Jangan menghabiskan waktu kerja Kamu untuk mengobrol atau bahkan memperhatikan orang lain secara berlebihan. Kamu baru saja bekerja dan Kamu harus pintar membaca situasi.

Pilih dan manfaatkan waktu yang paling tepat untuk berkenalan atau bahkan menjalin pertemanan, misalnya ketika makan siang.

  1. Ramah dan Sopan pada Semua Orang

Tunjukkan kepribadian Kamu yang tulus, ramahlah dan bersikap sopan kepada semua orang, sehingga keberadaan Kamu mudah diterima di lingkungan kerja yang baru.

Tidak perlu takut atau terlalu rendah diri di depan pekerja lainnya yang telah senior, sebab ini justru akan membuat Kamu merasa tidak nyaman dan tidak betah di sana.

  1. Kenali Perusahaan dengan Sebaik Mungkin

Jangan hanya fokus untuk bekerja saja, namun Kamu juga harus mulai mencoba untuk mengenal perusahaan tersebut dengan detail. Cari informasi yang akurat mengenai detail perusahaan ini, sehingga Kamu lebih paham dan mengerti bagaimana cara membawa diri di sana.

Ini juga bisa menjadi sebuah motivasi bagi Kamu, sebab semakin Kamu kenal dan dekat dengan sesuatu, maka Kamu akan semakin nyaman dan betah berada di sana.

  1. Tetapkan Kualitas Diri Anda

Jangan jadi seseorang yang biasa-biasa saja, bahkan di tempat kerja yang baru sekalipun. Jadilah sosok yang istimewa dan memiliki sejumlah kualitas tertentu yang menjadi jati diri Kamu di tempat kerja tersebut.

Tetapkan apa saja yang menjadi sebuah kelebihan di dalam diri Kamu sejak awal, sehingga Kamu akan dikenal sebagai pribadi tersebut ke depannya. Misalnya: cekatan, teliti atau bahkan pemikir.

  1. Buat Diri Kamu Nyaman dan Jauh dari Komplain

Mendatangi tempat baru, mungkin saja Kamu akan menemukan tempat yang tidak sesuai dengan harapan Kamu sejak awal. Namun, selalu hindari untuk mengajukan komplain atas kondisi yang Kamu temukan disana, sebab ini akan membuat Kamu terlihat tidak profesional.

  1. Rapikan dan Buat Meja Kerja Kamu Bersih dan Nyaman

Jangan membiarkan meja kerja Kamu berantakan dan terlihat kotor, sebab ini akan membuat Kamu tidak nyaman ketika bekerja.

Hal ini sangat penting, terutama jika Kamu berbagi meja dengan rekan kerja lainnya. Kamu bisa mengatur cara pembagian dan juga merapikannya dengan rekan kerja tersebut sejak awal.

Anda yang Menetukan Adaptasi yang Dilakukan

Kesembilan cara ini merupakan beberapa alternatif yang dapat Kamu tiru dan lakukan. Hal dasar yang paling menentukan adalah sikap dan cara pandang Kamu saat beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Pada umumnya sikap baik dan cara pandang optimisme Kamu akan menjadikan modal utama agar Kamu disukai di tempat kerja.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari kami, semoga apa yang kami share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di mobilku