Pengertian generasi milennial atau disebut juga generasi Y adalah generasi setelah generasi X, yang lahir di antara tahun 1980an hingga 2000an. Saat ini usai mereka berada di pertengahan 20 tahun dan pertengahan 30an. Kini mereka menempati posisi tersbesar kedua dalam jumlah terbanyak yang berada di dalam dunia kerja di Indonesia, yaitu berjumlah 40%.
Dengan mengenal ciri-ciri generasi milennial dan karakteristiknya, akan lebih mudah untuk membuat mereka menemukan cara kerja yang lebih efisien dan efektif. Lalu bagaimana dengan tips kerja cerdas ala generasi milennial Indonesia yang bisa diterapkan di dalam sebuah perusahaan ?
Berikut adalah 5 cara kerja yang bisa diterapkan dalam perusahaan, untuk generasi milennial:
Pastikan Ada Arahan yang Jelas dalam Mencapai Target
Jika Kamu adalah manager atau senior para milenial, tempatkan senior yang bisa memberikan teladan dan arahan yang jelas bagi tim yang terdiri dari generasi milennial.
Jika Kamu adalah milennial, buatlah skema strategi sejelas mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan beserta timeline pengerjaannya. Mintalah bantuan pada senior yang berkompeten dan dapat Kamu minta arahannya, jika atasanmu tidak selalu dapat memberi teladan atau arahan yang secara mendetail pengerjaannya.
Kolaborasi di Kantor
Jika Kamu adalah manager atau senior para milennial, bertukar pengentahuanlah dengan para milennial yang digital savvy untuk memanfaatkan teknologi. Kolaborasi ini akan dapat memaksimalkan alat, teknologi, program, atau aplikasi terbaik yang membuat kerja lebih efektif dan efisien.
Jika Kamu adalah milennial, temukanlah teman untuk mengasah kreativitas atau membangun diskusi menemukan penyelesaian kerja yang lebih baik. Diskusi hal lain di luar pekerjaan, seperti pembahasan hobi saat waktu luang juga dapat bikin klop untuk kerja bersama dengan tim di kantor.
Melakukan Pengembangan Diri
Jika Kamu adalah manager atau senior para milennial, berikan ruang untuk karyawan milennial mengembangkan diri dengan memberikan mereka pelatihan dan buku atau materi pembelajaran yang dapat membantu mereka memaksimalkan potensi.
Jika Kamu adalah milennial, gunakan waktu luang untuk belajar atau terlibat dalam proyek lain bersama orang-orang yang jabatannya di atasmu. Jika perusahaanmu terbuka bagi karyawannya mengambil pelatihan atau kesempatan bekerja di luar negeri di tempat anak perusahaan, ajukan dirimu untuk mengambil kesempatan ini.
Ciptakan Suasana serta Lingkungan Kerja yang Menyenangkan
Jika Kamu adalah manager atau senior para milennial, hilangkan hierarki dan otoritas yang tidak perlu dalam bekerja jika 2 hal tersebut malah membuat mempersulit penyelesaian pekerjaan.
Jika Kamu adalah milennial, Kamu bisa saja memberikan saran konkrit untuk perusahaan agar dapat menumbuhkan suasana dan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan. Mengadakan gathering rutin atau mengajukan pengadaan ruangan khusus untuk menghilangkan penat dan jenuh saat berada di kantor.
Memberikan Motivasi
Jika Kamu adalah manager atau senior para milennial, motivasi tidak sekedar kata-kata, tapi berikannlah ruang untuk generasi milennial menuangkan ide-ide dan masukan dalam pekerjaan. Hal ini membuat para milennial yang pekerja keras dan optimis akan bekerja lebih baik lagi.
Jika Kamu adalah milenial, olah setiap saran atau pendapat yang ditujukan pada Kamu sebagai masukan untuk membuatmu lebih baik kedepannya. Mintalah sesi appraisal berkala untuk Kamu dapat meilhat potensi mana yang dapat diasah lebih tajam lagi.
Generasi Milenial punya segudang tips kerja cerdas untuk menyelesaikan pekerjaannya. Kehadiran dalam perusahaan membawa konsep baru. Kreativitas dan cara kerja yang berbeda justru menghasilkan metode kerja yang efektif dan efisien dalam mewujudkan target perusahaan. Gak selamanya generasi milennial itu berasosiasi dengan etos kerja yang buruk kan?
Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di mobilku.
Leave A Comment